Tip Memperbaiki Keyboard susah di pencet

Mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop memberikan banyak keuntungan. Keyboard merupakan salah satu perangkat input laptop yang terpenting, tanpa keyboard apalah arti sebuah nama…eh sebuah laptop. Selain keyboard merupakan bagian yang sering dipakai, cara kerjanya yang bersifat mekanis membuat keyboard laptop menjadi salah satu komponen yang paling mudah rusak. Ini menimpa hampir semua jenis laptop, apakah itu Laptop Toshiba, Asus, Compaq-HP, Dell, Acer dll. Berbeda dengan PC desktop yang dengan mudah dan murah mengganti keyboard yang rusak, tidak demikian halnya dengan laptop, karena harganya yang lumayan mahal mencapai ratusan ribu, maka penting untuk mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Berbagai cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak disesuaikan dengan penyebab kerusakan keyboard. Jadi penanganannya berbeda-beda sesuai dengan penyebab kerusakannya. Berikut ini berbagai penyebab rusaknya keyboard laptop.

1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak karena kotor: Sebenarnya laptop yang menggunakan type ‘scissor-switch’ keyboard atau bahkan type keyboard ‘chiclet’ sudah dirancang dengan presisi yang lebih rapat dibanding type keyboard tradisonal. Namun kebiasaan kurangnya kebersihan membuat bagian keyboard yang terbuka rentan dengan debu/kotoran/rambut menyusup masuk. Justru keyboard type ini yang digunakan pada laptop membuat debu yang terlanjur masuk menjadi terjebak di bagian dalam keyboard yang mengakibatkan macet karena mengganjal tekanan tuts ke elektronik keyboard. Cara memperbaiki keyboard laptop rusak karena debu:

Buka satu-persatu bagian tuts huruf keyboard laptop yang rusak.
Gunakan kuku/pinset untuk membuka tut huruf yang rusak dan beberapa bagian huruf sekitarnya. Misalnya huruf yang rusak ‘S’, maka yang dibuka selan huruf tersebut adalah huruf-huruf keyboard ‘W-E-D-C-X-Z-A’.
Bersihkan dengan menggunakan kuas.
Tutup kembali dengan menekan tut keyboard laptop sampai terdengar bunyi klik.

2. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak karena Kebiasaan Mengetik dengan hentakan. Untuk type ‘scissor-switch’ keyboard, bisanya rentan pada ketukan yang keras (seperti mengetik pada mesin ketik tradisional). Beberapa orang merasa puas jika mengetik terdengar suara ‘ketukan’. Hal ini justru dapat membuat keyboard laptop menekan terlalu dalam dan bergeser, sehingga tuts keyboard akan terkunci dan tidak berfungsi atau malah terkunci pada posisi ‘on’ sehingga menekan terus-menerus. Ciri-ciri kerusakan keyboard mengetik huruf atau kombinasi huruf yang tidak kita inginkan biasanya disertai suara yang cukup menggangu. Cara memperbaiki keyboard laptop rusak karena menekan terus:

Letakkan 4 jari pada bagian tut huruf keyboard yang rusak dan huruf-huruf sekitarnya
Tekan, (sambil terus menekan) gerakan secara horisontal dan ulangi dengan gerakan vertikal bergantian. Biasanya ini akan mengembalikan tut pada posisi semula. Jika gagal
Buka tut huruf seperti cara diatas dengan kuku/pinset.
Gerakkan naik turun bagian ‘engsel’keyboard (maaf saya tidak tahu namanya) lihat gambar dibawah ini.
Tutup kembali dengan menekan tut keyboard laptop sampai terdengar bunyi klik.


3. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Kena Air. Segera matikan Laptop terutama jika tumpahan air cukup banyak, misalnya gelas minuman tumpah. Lepas baterai laptop dan charger laptop. Miringkan laptop ke arah sisi di mana terletak CD / DVD Player berada (jadi DVD player posisinya dibawah), karena bagian processor biasanya berseberangan dengan DVD player. Ini untuk menghindari processor kena air yang menyebabkan laptop mati total.

Buka bagian keyboard laptop, beberapa cara membuka berbeda bergantung merk dan seri laptop.

Beberapa type laptop harus melepas sejumlah baut untuk membuka keyboard laptop, namun laptop lainnya seperti keyboard laptop axio cukup menekan 4 engsel yang ada di sisi keyboard untuk melepas.

Jangan menarik paksa keyboard laptop karena ada kable flexible keyboard yang harus dilepas dengan hati-hati.
Pastikan semua bagian keyboard kering, dan tidak ada air yang masuk kebagian mesin (motherboard laptop).
Jangan mecoba menyalakan laptop atau mengeringkannya dengan pengering rambut (hair dryer). Tuts keyboar laptop sangat rentan terhadap panas, menggunkan hair dryer dapat membuat bentuk tuts meleleh tidak karuan…ini pengalaman soalnya…hiks *sedih :(
Jika air yang tumpah di laptop cukup banyak, dalam kondisi sepeti ini kami menyarankan sebaiknya minta bantuan teknisi untuk tindakan selanjutnya.
Jika kerusakan keyboard cukup parah dan cara-cara meperbaiki keyboard diatas tidak berhasil, mungkin pilihannya adalah membeli spare part keyboard yang baru. Cukup banyak tersedia spare part keyboard untuk merek terkenal seperti Laptop Toshiba, Asus, Compaq-HP, Dell, Acer baik keyboard yang original maupun OEM keyboard laptop yang harganya lebih murah. Keyboard external type port USB juga merupakan pilihan yang lebih murah. Dalam keadaan darurat saat keyboard laptop rusak dan belum ada penggantinya adalah dengan menggunakan On screen Virtual keyboard yang ada di windows os. Caranya:

klik Start Menu
pilih All Program
pilih folder Accessories
pilih folder Ease of Acces lalu klik On-Screen Keyboard
Berikut ini adalah tips untuk mengetahui seberapa baik kondisi keyboard laptop kita.
Buka notepad.
Tekan dan tahan tombol shift kiri dan shift kanan bersamaan.
Ketik kalimat : “the quick brown fox jumps over the lazy dog”. (tombol shift kiri dan shift kanan tetap ditekan jangan dilepas).
Jika tulisan yang muncul lengkap sesuai dengan kata-kata di atas berarti keyboard laptop kita dalam kondisi baik
Jika ada huruf yang hilang, berarti keyboard laptop mulai bermasalah.
Sebelum keyboard laptop rusak sebaiknya rawat dan bersihkan laptop secara berkala. Menggunakan kuas atau usb vacuum cleaner untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop akan mencegah kerusakan. Hindari kebiasaan mengetik pada keyboard dengan hentakan yang keras. Jauhkan minuman dari laptop. Bagaimanapun pencegahan adalah hal terbaik, sebelum kita benar-benar memerlukan cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak.