Crossover Pasif 2 Way Bikin Sendiri

Rangkaian crossover pasif berfungsi untuk memisahkan nada pada sistem loud speaker. Rangkaian crossover pada gambar dibawah merupakan jenis crosover pasif yang sering dipasang di box speaker 2 way dan berfungsi untuk memisahkan nada treble dan bass agar diserap secara maksimal oleh loud speaker tweeter dan woofer.

Rangkaian crossover pasif 2 way ini dibuat menggunakan kombinasi resistor, induktor dan kapasitor (RLC).

Kombinasi rangkaian resistor induktor dan kapasitor pada rangkaian crossover pasif ini adalah rangkaian filter high pass dan filter low pass.

Untuk lebih jelasnya dalam membuat rangkaian crossover pasif 2 way ini dapat dilihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan sebagai berikut.

Gambar Rangkaian Crossover Pasif 2 Way

 

Rangkaian crossover pasif 2 way atau juga dikenal dengan nama crossover pasif 2 nada pada gambar diatas dapat digunakan sebagai filter nada bass dan treble pada box loud speaker 2 way. Fungsi rangkaian crossover pasif ini selain memisahkan nada treble dan bass agar diserap sesuai speaker yang digunakan juga untuk melindungi loud speaker tweeter yang tidak boleh diberikan sinyal output nada bass,

karena kumparan speaker jenis tweeter akan rusak atau terbakar apabila terkena tegangan output power amplifier dengan nada rendah (frekuensi rendah).

Karena rangkaian crossover diatas merupakan crossover jenis pasif,

maka rangkaian crossover tersebut tidak perlu atau tidak membutuhkan tegangan sumber untuk beroperasi,

jadi dapat langsung dihubungkan ke loud speaker dan diberikan sinyal input dari power amplifier.