Cara mengetahui AC mobil Tidak Dingin

Apabila kita mengalami gangguan pada sistem A/C mobil tentunya bisa kita telusuri penyebabnya dengan mudah sebagai langkah awal sebelum service ke bengkel atau ingin lebih yakin akan trouble sistem AC mobil kita.
Sistem AC mobil merupakan sikulasi ruangan tertutup yang tentunya berisi gas pendingin/refrigaator/freon dengan tekanan tinggi, apabila terjadi kebocoran akan menyebabkan A/C tidak dingin, dan hal2 lainnya yang menyebabkan A/C tidak sejuk lagi yang tentunya harus di analisa sebelum menentukan penyebab A/C tidak bisa bekerja normal.
Cara Mudah mengetahui penyebab AC Gak Dingin (Tentunya kondisi mesin dan A/C harus nyala / ON):
1. Cek Isi freon.

Cara mengetahui bahwa freon AC habis atau masih full secara manual bisa kita lakukan dengan cara melihat kondisi freon melalui kaca pada filter/drier Ac saat ac dan mesin hidup. Apabila berbusa berarti freon kurang atau habis, freon full akan kelihatan apabila cairan freon di dalam kaca filter terlihat bening seperti air tanpa busa.
Melihat tekanan di dalam saluran AC, anda bisa pergunakan pressure meter untuk mengetahui tekanan di dalam saluran sistem AC, apabila mendekati nol bar berarti freon habis.
Lebih Praktis bawa ke bengkel AC.

2. Cek Pulley + Centerpiece Kompresor A/C.

Pulley berputar saat mesin nyala, begitu AC on maka centerpiece juga akan ikut berputar dan menempel di pulley.
kalau ngadat bisa dari sistem Kelistrikan atau Magnet Clutch putus.

Magnet Clutch Compressor merupakan magnet buatan dengan memanfaatkan energi listrik aki mobil untuk menarik centerpiece kompresor agar melekat pada pulley kompresor sehingga centerpiece memutar as kompresor mengikuti putaran pulley kompresor.
Namun apabila magnet Clutch tidak bekerja maka akan mengakibatkan sistem A/C tidak jalan alias panas tidak dingin lagi, ini bisa di sebabkan oleh magnet clutch yang rusak/ terbakar atau space antara pulley dan centerpiece terlalu renggang atau tegangan ke magnet terlalu rendah karena panjangnya kabel penghantar.
Magnet clutch terdiri dari kumparan/ gulungan email tembaga yang tentunya tidak susah untuk di pelajari, serta mengetahui dan mengidentifikasi kesrusakannya.
Cara mengetes apakah magnet clutch rusak atau masih jalan kagak susah, kita tinggal mengaliri arus listrik 12 volt ke terminal magnet clutch(min body/ kabel), apabila terjadi kemagnetan saat kita aliri listrik tentunya masih baik, apabila tanpa ada magnet yang di timbulkan, maka segera ganti di bengkel AC langganan anda.

Bila ngadat cek kelistrikan atau bawa ke bengkel AC.

3. Cek Extra Fan AC.

Berputar atau ngadat.
Bila ngadat cek kelistrikan

Extra Fan A/C begitu penting untuk di perhatikan terutama bagian elektriknya alias sirkuit kelistrikannya agar tidak terjadi trouble pada sistem A/C mobil kita. Schematic diagram electrical extra fan yang solid dan ideal bagi mobil anda.
Sistem kelistrikan extra fan memiliki berbagai model dan tiap2 jenis kendaraan memiliki pola dan sistem berbeda, walau semua intinya sama tetapi masing2 produsen memiliki tujuan berbeda untuk meng ON kan extra fan dan magnet Clutch compresor.